Terapi Hypnobirthing Bantu Ketakutan Ibu Hamil

Update Saturday, November 16, 2013 at 12:14 AM. Dalam topik Kehamilan

Waktu memiliki kandungan, tidak jarang ada wanita yang cemas atau merasa takut saat kelak hadapi persalinan. Nah, untuk menangani ketakutan itu, satu diantara cara yang dapat dikerjakan yaitu melewati hypnobirthing. Apakah itu hypnobirthing?



" Intinya melewati hypnobirthing ini, kita mau menyiapkan mental si ibu waktu melahirkan. Satu diantara caranya yakni dengan menangani apa ketakutan si ibu hingga dia dapat rileks serta melahirkan jadi tak jadi sakit nanti lantaran melahirkan itu memanglah telah jadi fitrah wanita serta jadi sistem alami, " terang Agus Wirajaya S. E, S. Ag, C. Ht-QHI., C. T, hipnoterapis di Adi W. Gunawan Institute.

Terapi hypnobirthing ini, menurut Agus, telah dapat dikerjakan dari umur kandungan tujuh bln.. Umumnya, prosedur terapi terbagi dalam empat session lebih kurang sepanjang 1, 5 bln. dengan saat dua jam setiap satu session. Terapi ini terbagi dalam session edukasi, relaksasi, pemijatan, serta gerak. Session edukasi berbentuk pengajaran organ reproduksi serta sistem persalinan.

" Edukasinya kita gunakan bhs umum hingga mereka jadi lebih gampang tahu lantaran bila gunakan bhs kedokteran itu bakal lebih susah dipahami. Kita juga gunakan video ya, " kata Agus selesai acara Media Workshop 'Menavigasi Pikiran dengan Hipnoterapi Klinis' di Mercantile Athletic Club, Gedung WTC II, Karet Setiabudi, Jakarta.

Untuk session relaksasi dipandang dahulu apa pemicu wanita dapat rasakan ketakutan untuk melahirkan. Lalu, terapis bakal membuatnya rileks dengan berikan sugesti atau ego personality therapy, bergantung dari keadaan pasiennya. Ada juga latihan gerak yang umumnya digabungkan dengan yoga, dan latihan pemijatan.

Dengan tehnik pijat, diinginkan badan si ibu jadi lebih rileks serta juga menyiapkan badannya agar siap waktu persalinan kelak. Ibu hamil yang  ikuti latihan ini dapat di beri pekerjaan menulis. Mereka di minta untuk menuliskan apa yang di kuatirkan waktu hadapi persalinannya kelak, kekesalan yang mereka rasakan, maupun persoalan yang mereka hadapi. Dengan demikian, menurut Agus, sistem terapi bakal lebih gampang  dikerjakan lantaran ketakutan untuk hadapi persalinan dapat diatasi dengan tambah baik.

" Walau demikian, terdapat banyak ibu hamil yang tetap mau didampingi waktu sistem bersalin. Bila seperti itu maka saya katakan apakah si ibu tak keberatan bila ada saya lantaran kan dia dalam situasi tak gunakan pakaian serta saya memanglah lihat sistem persalinan itu kan, " kata Agus.

Oleh karena itu, terapi hipnobirthing ini tak hanya untuk menyingkirkan rasa sakit ibu juga mempunyai tujuan untuk mempererat rekanan pada istri serta suami. Karena, menurut Agus, dari memiliki kandungan, wanita benar-benar perlu support dari sang suami yang bermanfaat juga untuk menaikkan rasa yakin diri serta meminimalisir ketakutan istri waktu melahirkan.

" Ada juga pemicu tidak berhasilnya hypnobirthing. Pertama, lantaran terlampau analytical, terlampau banyak pikir, saya dapat apa tidak ya, selalu kelak bagaimana bila tidak berhasil. Ke-2, present issue terlebih kekesaran dalam rumah tangga (KDRT). Mungkin waktu lakukan terapi istri rileks serta siap melahirkan namun sesudah dirumah ia temukan persoalan lagi dengan pasangannya, maka sistem persalinan juga bakal jadi susah, " jelas Agus. 

Tulis Komentar Kamu dibawah, pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

0 Komentar untuk "Terapi Hypnobirthing Bantu Ketakutan Ibu Hamil"

Post a Comment