Masalah jerawat remaja

Update Saturday, October 26, 2013 at 9:00 AM. Dalam topik jerawat

Masalah jerawat remaja – jerawat pada remaja memang menjadi suatu hal yang maklum.. seakan masalah jerawat remaja menjadi hal wajib yang harus di hadapi oleh mereka yang baru menginjak usia remaja. Banyak factor yang menyebabkan adanya masalah jerawat remaja ini. Tapi yang paling sering adalah produksi minyak yang berlebih dan tersumbatnya pori-pori wajah. Masalah yang biasa di hadapi oleh para remaja pada wajah mereka antara lain kulit berminyak, wajah kusam, komedo, warna kulit tidak rata akibat sel kulit mati, dan juga jerawat.

Penyebab Masalah jerawat remaja

Sebenarnya semua hal tersebut di sebabkan oleh perubahan hormone pada remaja. Perubahan hormone yang terjadi menyebabkan produksi minyak yang berlebih. Ketika beranjak remaja, maka “sebum” atau kelenjar minyak akan mulai aktif.



Dan ketika kelenjar minyak ini tersumbat, maka akan timbul jerawat. Masalah jerawat remaja biasanya terjadi ketika banyak debu dan kotoran yang menumpuk di wajah mereka. Nah hal ini lah yang dapat menyumbat kelenjar minyak hingga membuat masalah jerawat remaja dapat terjadi.

Masalah jerawat remaja juga dapat di picu karena malas membersihkan wajah sehingga terjadi penumpukan debu dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Atau juga bisa terjadi karena penggunaan pembersih wajah yang salah. Karena penggunaan produk pembersih wajah yang salah dapat mengelupas lapisan pelindung kulit sehingga kulit sangat rentan terserang infeksi. Maka akibatnya akan timbul jerawat yang di sertai peradangan pada kulit. Hal tersebut di tandai dengan warna kulit yang memerah.

Masalah jerawat remaja dan cara mengatasinya


Ada kebiasaan buruk yang harus di perhatikan dan di hindari. Kebanyakan remaja akan suka memegang jerawatnya atau malah memencet jerawat tersebut. Sebaiknya hindari hal tersebut. Karena hal ini hanya akan memperburuk keadaan. Apa lagi jika memegang jerawat dalam keadaan tangan yang kotor. Maka hal ini akan menebabkan infeksi pada sumbatan tersebut dan bisa menyebabkan peradangan. Jika kulit telah memerah dan terjadi peradangan, maka ketika jerawat pecah nanti akan meniggalkan noda yang sulit hilang. Demikian artikel singkat tentang Masalah jerawat remaja. Kami sarankan anda membaca artikel lainnya mengenai tips seputar wanita